
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
KEWIRAUSAHAAN
Semester v
Pengampu Mata Kuliah
Dindi Paizer,.S.Kep,.M.Kes (DP)
YAYASAN WAHAN BHAKTI KARYA HUSADA
AKADEMI KEPERAWATAN KESDAM II/SRIWIJAYA
PALEMBANG
TAHUN 2019
VISI, MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI
A. Visi
Menjadi institusi pendidikan diploma III keperawatan yang kompetitif dan menghasilkan lulusan yang disiplin, terampil dengan unggulan kegawatdaruratan di tingkat regional tahun 2020
B. Misi
1. Menghasilkan lulusan yang disiplin, berpengetahuan dan terampil dalam memberikan asuhan keperawatan dengan kekhususan kegawatdaruratan
2. Menerapkan dan mengembangkan kurikulum berbasis KKNI dan SNPT dengan kemajuan IPTEK dan kebutuhan dunia kerja
3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
4. Menjalin kerjasama dengan pihak dalam dan luar negeri untuk mempercepat perwujudan visi akper kesdam II/Sriwijaya
C. Tujuan Institusi
1. Tersediannya lulusan perawat yang memiliki kedisiplinan berpengalaman dan terampil dalam memberikan asuhan keperawatan dengan kekhususan kegawatdaruratan
2. Tersediannya kurikulum institusi bebasis KKNI dan SNPT dengan mengikuti kemajuan IPTEK dan kebutuhan dunia kerja
3. Terlaksananya penelitian kesehatan dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan
4. Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud implementasi penelitian untuk meningkatkan derajat kesehatan yang optimal
5. Tersedianya SDM baik secara kualitas maupun kuantitas untuk mendukung terlaksanya penyelengaraan pendidikan yang baik
6. Tersediannya sarana dan prasarana yang memadai dalam proses penyelanggaraan pendidikan
7. Menjalin kerja sama dengan pihak dalam dan luar negeri untuk mempercepata perwujudan visi dan misi akper kesdam II/Sriwijaya
D. Propil lulusan
Profil lulusan Diploma III Keperawatan kesdam II/Sriwijaya palembang adalah menjadi perawat vokatif sesuai dengan peran dan fungsinya sebagai pelaksana asuhan keperawatan pada individu, keluarga kelompok khusus baik sehat dan sakit memiliki kemampuan dalam memberikan asuhan keperawatan secara komprehensif kepada individu, keluarga dan kelompok dalam komunitas baik sehat, sakit dan kegawatdaruratan dengan memperhatikan aspek bio—psiko-sosial-cultureal dan spiritual dengan mengaplikasikan kemajuan IPTEKS, mengedepankan prinsip caring, menjamin keselamatan pasien dan menerapkan kode etik keperawatan serta mengutamakan kedisiplinan dalam pelayanan asuhan keperawatan
Mata Kuliah Kewirausahaan
Beban studi : 2 SKS (T=2)
Persyaratan : Mahasiswa semester IV yang telah menyelesaikan semester I sampai dengan V
A. LATAR BELAKANG
Mata kuliah kewirausahaan merupakan mata kuliah yang wajib dilalui oleh mahasiswa pada semester IV. pada mata kuliah ini terdiri atas 2 SKS, mata kuliah ini akan membahas tentang teori-teori kewirausahaan.
B. PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1. Deskripsi mata kuliah
Mata kuliah ini membahas bagaimana agar menjadi soerang wirausahawan yang sukses, dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang konsep kewirausahaan, mulai dari pengertian sampai bagaimana cara membuat proposal kewirausahaan yang baik dan benar, sehingga mahasiswa mampu dan memiliki keinginan untuk menjadi seorang wirausahawan, capaian pembelajaran dalam RPS ini akan dicapai melalui pendekatan Student Centre Learning dengan menggunakan berbagai metode seperti: kuliah, diskusi, seminar, penugasan untuk mencapai capaian pembelajaran. Bahan diskusi dapat diperoleh dari buku sumber yang telah direkomendasikan oleh masing-masing dosen maupun referensi lain yang relevan
2. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran mata kuliah: Kewirausahaan dengan menggunakan berbagai strategi belajar (kuliah, diskusi, penugasan, simulasi)
3. Capaian Pembelajaran dan kemampuan akhir yang diharapkan
Setelah mengikuti mata ajar ini mahasiswa mampu
a. Memahami dasar-dasar kewirausahaan
b. Mahasiswa mampu membuat usaha sendiri, namun ketika mahasiswa sudah bekerja dibidang lainpun ia dapat disebut entrepreneur walau bekerja di sebuah perusahaan (intrapreneur), bekerja di bidang sosial (Sociopreneur) ataupun konsenen di bidang lingkungan (ecopreneur). Mata kuliah ini juga memberikan kemampuan bagi mahasiswa untuk membuat business plan (perencanaan bisnis) sehingga diharapkan siswa mampu mebuat suatu strategi dalam berwirausaha.
4. Bahan ajar dan daftar referensi
Bahan kajian
Bahan kajian yang digunakan dalam materi ini adalah
a. Teori tentang kewirausahaan
b. Teori tentang ide
c. Teori tentang Analisa SWOT
d. Teori tentang merek
Daftar referensi
Hamaizar Z. 2008. Menggali Potensi Wirausaha. CV. Dian Anugerah Prakasa.
Hendro. 2010. Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
Justin G.L, Carlos W. Moore; dan J. William Petty, 2001, Kewirausahaan: Manajemen Usaha Kecil, Buku 1, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Kasali, Rhenald. 2010. Modul Kewirausahaan untuk Program Strata 1. Hikmah Indonesia
Nasution, Arman Hakim., dkk. 2011. Entrepreneurship, Membangun Spirit Teknopreneurship. Yogyakarta: Andi Publisher. Indonesia.
5. Metode pembelajaran
a. Metode pembelajaran dan alokasi waktu
Metode pembelajartan yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah pembelajaran, kuliah, tugas.
b. Pengalaman belajar mahasiswa
Pengalaman belajar mahasiswa untuk mata kuiah ini akan berfokus pada diskusi dan praktek kewirausahaan
c. Kriteria dan penilaian
penilaian terhadap kinerja mahasiswa akan dinilai dari pada keaktifan selama kuliah dan praktek
Penilaian pada mata kuliah ini meliputi
No |
Komponene penilaian |
Bobot |
1 |
Penilaian hasil |
|
|
a. UTS |
30 |
|
b. UAS |
30 |
2 |
Penilaian proses |
|
|
a. dimensi intrapersonal skill |
15 |
|
b. Atribut Intrapersonal skill |
15 |
|
c. Sikap dan tata nilai |
10 |
|
total |
100 |
6. Norma akademik
a. Kehadiran mahasiswa minimal 75% jika kurang dari itu maka mahasiswa tidak diizinkan UAS
b. Kegiatan perkuliahan sesuai jadwal dan apabila ada perubahan akan ditetapkan bersama dosen dan mahsiswa
c. Selama perkuliahan tidak diperkenanakan mengobrol, tidur dan keluar kelas
d. Mahasiswa yang tidka bisa hadir karena sakit harus ada keterangan dari penjaga asrama
e. Berpakaian rapi
f. Tidak boleh curang dalam ujian
7. Rancangan tugas mahasiswa
Rancangan tugas mahasiswa terdiri atas tugas kelompok, tugas akan berfokus pada praktek berwirausaha
|
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN AKPER KESDAM II/SRIWIJAYA |
||||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
RUMPUN MK |
BOBOT |
SEMESTER |
TGL PENYUSUSNAN |
|
|||||
KEWIRAUSAHAAN |
KIK 5031 |
KEWIRAUSAHAAN |
2 |
V |
23-01-2019 |
|
|||||
OTORITAS |
Dosen Pengembang RPS |
Koordinator Rumpun MK |
Direktur Akper Kesdam II/SWJ |
|
|||||||
Dindi Paizer, S.Kep,.M.Kes |
Dindi Paizer, S.Kep,.M.Kes |
Salman Hidayat, SKM, MARS Letkol Ckm NRP 33956 |
|
||||||||
Capaian Pembelajaran Catatan
S : Penampilan kerja P : Pengetahuan KU : Keterampilan umum KK : Keterampilan Khusus |
Capaian Program Studi |
|
|
||||||||
S1 |
Bertaqwa kepada tuhan YME dan mampu menunjukkan penampilan kerja relegius yang diterapkan dalam kepribadian |
|
|||||||||
S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama |
|
|||||||||
S3 |
Menginternalisasi nilai, norma dan akademik |
|
|||||||||
S4 |
Mampu mempraktikan kewirausahaan |
|
|||||||||
P4 |
Menguasai Konsep Kewirausahaan |
|
|||||||||
P5 |
Mengusai strategi dalam berwirausaha |
|
|||||||||
P6 |
Mengusai konsep ide, merek dan mampu menganalisa kesempatan berwirausaha |
|
|||||||||
KU1 |
Menyelesaikan pekerjaan lingkup luas dengan menganalisis data serta metode yang sesuai |
|
|||||||||
KK1 |
Mampu mengaplikasikan ilmu kewirausahaan di kehidupan nyata |
|
|||||||||
|
|||||||||||
|
|
CP Mata Kuliah |
|
|
|||||||
|
1 |
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, mengusai dan mampu mengimplementasikan teori, konsep dan prinsip dalam kewirausahaan dalam aktivitas pendidikan dan keseharian serta pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan/pembelajaran secara efekti, efisien dan ekonomis |
|||||||||
Deskripsi singkat mata kuliah |
Mata kuliah ini membahas bagaimana agar menjadi soerang wirausahawan yang sukses, dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang konsep kewirausahaan, mulai dari pengertian sampai bagaimana cara membuat proposal kewirausahaan yang baik dan benar, sehingga mahasiswa mampu dan memiliki keinginan untuk menjadi seorang wirausahawan, capaian pembelajaran dalam RPS ini akan dicapai melalui pendekatan Student Centre Learning dengan menggunakan berbagai metode seperti: kuliah, diskusi, seminar, penugasan untuk mencapai capaian pembelajaran. Bahan diskusi dapat diperoleh dari buku sumber yang telah direkomendasikan oleh masing-masing dosen maupun referensi lain yang relevan |
|
|||||||||
Materi pembelajaran |
1. Prinsip-prinsip kewirausahaan 2. Membangun mimpi dan mengejar cita-cita (Dream) 3. Konsep dasar kewirausahaan 4. Perubahan dan peranana mindset (Pola Pikir) 5. Faktor kewirausahaan 6. Menentukan peluang usaha, pemprosesan dan pengendalian produksi 7. Etika wirausaha\tanggung jawab wirausaha 8. Organisasi perusahaan 9. Strategi pemasaran 10. Manajemen perusahaan 11. Kesempatan Berwirausaha 12. Ide bisnis 13. Merek 14. Analisi SWOT dan analisis industri |
|
|||||||||
Pustaka |
Utama Dinsi, Valentino. 2005. Jangan Mau Seumur Hidup Jadi Orang Gajian. Jakarta : LET’S GO Indonesia. Gitosudarmo, 2000. Manajemen, Yogyakarta: BPFE Hamaizar Z. 2008. Menggali Potensi Wirausaha. CV. Dian Anugerah Prakasa Justin G.L, Carlos W. Moore; dan J. William Petty, 2001, Kewirausahaan: Manajemen Usaha Kecil, Buku 2, Jakarta: Penerbit Salemba Empat. Kasali, Rhenald. 2010. Modul Kewirausahaan untuk Program Strata 1. Hikmah Indonesia Murtini, Wiedi. 2009. Kewirausahaan Pendekatan Succes Story. UD Adipura. Nasution, Arman Hakim., dkk. 2011. Entrepreneurship, Membangun Spirit Teknopreneurship. Yogyakarta: Andi Publisher. Indonesia. Nitisusastro, Mulyadi. 2010. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Alfabeta. Nugraha. Alexander. D. 2008. Revolusi Sikap Menjadi Entrepreneur. Jakarta: Elex Media Komputindo Suryana, dkk. 2008. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat. Indonesia Wiratmoko, M, 2002. Pengantar Kewirausahaan, Yogyaka: BPFE, |
|
|||||||||
|
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(TEORI 2 SKS)
Jadwal Hari, Tanggal, Dan Waktu |
Kemampuan Akhir Yang Diharapkan |
Indikator |
Kriteria Dan Bentuk Penilaian |
Metode Pembelajaran |
Materi Pembelajaran |
Bobot Penilaian |
Dosen |
|
Kelas III A |
Kelas III B |
|||||||
Kamis 12-09-2019 08.00-09.40 |
Rabu 11-09-2019 13.00-14.40 |
Mahasiswa mampu mengetahui konsep dasar kewirausahaan |
|
|
Kuliah dan diskusi |
1. Penjelasan RPS 2. Konsep dasar kewirausahaan |
5 |
DP |
Rabu 12-09-2019 15.00-16.40 |
Rabu 11-09-2019 16.40-17.30 |
Mahasiswa mampu Membangun mimpi dan mengejar cita-cita (Dream)
|
|
|
Kuliah dan diskusi |
|
5 |
MY |
Kamis 19-09-2019 08.00-09.40 |
Rabu 18-09-2019 13.00-14.40 |
Mahasiswa mampu menganalisa kewirasusahaan |
|
|
Kuliah dan diskusi |
1. Materi analisa kewirausahaan |
5 |
DP |
Rabu 18-09-2019 15.00-16.40 |
Rabu 18-09-2019 16.40-17.30 |
Mahasiswa Mampu Mengetahui Perubahan dan peranana mindset (Pola Pikir) |
|
|
Kuliah dan diskusi |
1. Perubahan dan peranana mindset (Pola Pikir)
|
5 |
MY |
Kamis 19-09-2019 08.00-09.40 |
Rabu 18-09-2019 13.00-14.40 |
Mahasiswa mengetahui etika dalam kewirasusahaan |
|
|
Kuliah dan diskusi |
1. Materi etika kewirausahaan |
5 |
DP |
Rabu 18-09-2019 15.00-16.40 |
Rabu 18-09-2019 16.40-17.30 |
Mahasiswa mampu Menentukan peluang usaha, pemprosesan dan pengendalian produksi |
|
|
Kuliah dan diskusi |
1. Menentukan peluang usaha, pemprosesan dan pengendalian produksi
|
5 |
MY |
Kamis 26-09-2019 08.00-09.40 |
Rabu 25-09-2019 13.00-14.40 |
Mahasiswa mengetahui Cara bersaing dalam kewirasusahaan |
|
|
Kuliah dan diskusi |
1. Materi persaingan kewirausahaan |
5 |
DP |
Rabu 25-09-2019 15.00-16.40 |
Rabu 25-09-2019 16.40-17.30 |
Mahasiswa mampu mengorganisasi perusahaan |
|
|
Kuliah dan diskusi |
1. Organisasi perusahaan
|
5 |
MY |
UTS |
||||||||
Rabu 02-10-2019 15.00-16.40 |
Rabu 02-10-2019 16.40-17.30 |
Mahasiswa Mampu menganalisa kesempatan berwirausaha |
|
|
Kuliah dan diskusi |
1. Kesempatan Berwirausaha |
5 |
DP |
Kamis 10-10-2019 08.00-09.40 |
Rabu 09-10-2019 13.00-14.40 |
Mahasiswa Mampu melakukan manajemen perusahaan |
|
|
Kuliah dan diskusi |
|
5 |
YM |
Rabu 09-10-2019 15.00-16.40 |
Rabu 09-10-2019 16.40-17.30 |
Mahasiswa mampu menemukan ide dalam kewirausahaan |
|
|
Kuliah dan diskusi |
1. Ide |
5 |
DP |
Kamis 17-10-2019 08.00-09.40 |
Rabu 16-10-2019 13.00-14.40 |
Mahasiswa mampu menganalisa dan menentukan merek |
|
|
Kuliah dan diskusi |
1. Merek |
5 |
MY |
Rabu 16-10-2019 15.00-16.40 |
Rabu 16-10-2019 16.40-17.30 |
mahasiswa mampu menganalisa dengan metode SWOT |
|
|
Kuliah dan diskusi |
1. Metode SWOT |
5 |
DP |
Kamis 24-10-2019 08.00-09.40 |
Rabu 23-10-2019 13.00-14.40 |
Mahasiswa mampu mengolah usaha |
|
|
Kuliah dan diskusi |
1. Pengelola usaha dan strategi kewirausahaan |
5 |
MY |
KARAKTERISTIK MAHASISWA
Mahasiswa yang mengikuti perkuliahan untuk modul Ilmu Mata Kuliah Kewirausahaan ini adalah mahasiswa tingkat 3 semester III. Dimana mereka sudah mendapat pengalaman praktik lapangan. Jumlah mahasiswa sebanyak 60 mahasiswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 50 orang perempuan. Dalam proses pembelajaran seluruh mahasiswa dibagi menjadi 10 kelompok kecil (Small Group Discution), dimana pembagian kelompok dilakukan secara acak.
EVALUASI HASIL BELAJAR
A. Metode
1. Ujian Tengah Semester (UTS)
2. Ujian Akhir Semester (UAS)
3. Penugasan/Leaflet/Diskusi
4. Seminar
5. Demontrasi
Nilai batas lulus modul III : 70
B. Komponen Penilaian
No |
Komponen |
Bobot |
Keterangan |
1 |
UTS |
5% |
|
2 |
UAS |
25% |
|
3 |
Penugasan |
25% |
|
4 |
Ujian |
35% |
|
|
Total |
100% |
NBL : 70 : 30 /Memuaskan |
C. Bobot Penilaian
Lambang |
Angka |
Katagori |
A |
4.00 |
Dengan pujian |
B |
3.00 |
Memuaskan |
C |
2.00 |
Tidak memuaskan |
D |
1 |
Tidak memuaskna |
0 comments:
Posting Komentar