RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
KEWIRAUSAHAAN
Semester v
Pengampu Mata Kuliah
Dindi Paizer,.S.Kep,.M.Kes (DP)
YAYASAN WAHAN BHAKTI KARYA HUSADA
AKADEMI KEPERAWATAN KESDAM II/SRIWIJAYA
PALEMBANG
TAHUN 2019
VISI, MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI
A. Visi
Menjadi institusi
pendidikan diploma III keperawatan yang kompetitif dan menghasilkan lulusan
yang disiplin, terampil dengan unggulan kegawatdaruratan di tingkat regional
tahun 2020
B. Misi
1.
Menghasilkan lulusan yang disiplin, berpengetahuan dan
terampil dalam memberikan asuhan keperawatan dengan kekhususan kegawatdaruratan
2.
Menerapkan dan mengembangkan kurikulum berbasis KKNI dan
SNPT dengan kemajuan IPTEK dan kebutuhan dunia kerja
3.
Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan
melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
4.
Menjalin kerjasama dengan pihak dalam dan luar negeri
untuk mempercepat perwujudan visi akper kesdam II/Sriwijaya
C. Tujuan Institusi
1.
Tersediannya lulusan perawat yang memiliki kedisiplinan
berpengalaman dan terampil dalam memberikan asuhan keperawatan dengan
kekhususan kegawatdaruratan
2.
Tersediannya kurikulum institusi bebasis KKNI dan SNPT
dengan mengikuti kemajuan IPTEK dan kebutuhan dunia kerja
3.
Terlaksananya penelitian kesehatan dengan mengikuti
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan
4.
Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat
sebagai wujud implementasi penelitian untuk meningkatkan derajat kesehatan yang
optimal
5.
Tersedianya SDM baik secara kualitas maupun kuantitas
untuk mendukung terlaksanya penyelengaraan pendidikan yang baik
6.
Tersediannya sarana dan prasarana yang memadai dalam
proses penyelanggaraan pendidikan
7.
Menjalin kerja sama dengan pihak dalam dan luar negeri
untuk mempercepata perwujudan visi dan misi akper kesdam II/Sriwijaya
D.
Propil lulusan
Profil lulusan
Diploma III Keperawatan kesdam II/Sriwijaya palembang adalah menjadi perawat
vokatif sesuai dengan peran dan fungsinya sebagai pelaksana asuhan keperawatan
pada individu, keluarga kelompok khusus baik sehat dan sakit memiliki kemampuan
dalam memberikan asuhan keperawatan secara komprehensif kepada individu,
keluarga dan kelompok dalam komunitas baik sehat, sakit dan kegawatdaruratan
dengan memperhatikan aspek bio—psiko-sosial-cultureal dan spiritual dengan
mengaplikasikan kemajuan IPTEKS, mengedepankan prinsip caring, menjamin
keselamatan pasien dan menerapkan kode etik keperawatan serta mengutamakan
kedisiplinan dalam pelayanan asuhan keperawatan
Mata Kuliah
Kewirausahaan
Beban studi : 2 SKS (T=2)
Persyaratan : Mahasiswa semester IV yang telah
menyelesaikan semester I sampai dengan V
A. LATAR BELAKANG
Mata kuliah
kewirausahaan merupakan mata kuliah yang wajib dilalui oleh mahasiswa pada
semester IV. pada mata kuliah ini terdiri atas 2 SKS, mata kuliah ini akan
membahas tentang teori-teori kewirausahaan.
B. PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1. Deskripsi mata kuliah
Mata kuliah ini membahas
bagaimana agar menjadi soerang wirausahawan yang sukses, dalam mata kuliah ini
akan dibahas tentang konsep kewirausahaan, mulai dari pengertian sampai
bagaimana cara membuat proposal kewirausahaan yang baik dan benar, sehingga
mahasiswa mampu dan memiliki keinginan untuk menjadi seorang wirausahawan,
capaian pembelajaran dalam RPS ini akan dicapai melalui pendekatan Student Centre Learning dengan
menggunakan berbagai metode seperti: kuliah, diskusi, seminar, penugasan untuk
mencapai capaian pembelajaran. Bahan diskusi dapat diperoleh dari buku sumber
yang telah direkomendasikan oleh masing-masing dosen maupun referensi lain yang
relevan
2. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran mata kuliah:
Kewirausahaan dengan menggunakan berbagai strategi belajar (kuliah, diskusi,
penugasan, simulasi)
3. Capaian Pembelajaran dan kemampuan akhir yang diharapkan
Setelah mengikuti
mata ajar ini mahasiswa mampu
a.
Memahami dasar-dasar kewirausahaan
b.
Mahasiswa mampu
membuat usaha sendiri, namun ketika mahasiswa sudah bekerja dibidang lainpun ia
dapat disebut entrepreneur walau bekerja di sebuah perusahaan (intrapreneur), bekerja di bidang sosial
(Sociopreneur) ataupun konsenen di
bidang lingkungan (ecopreneur). Mata
kuliah ini juga memberikan kemampuan bagi mahasiswa untuk membuat business plan
(perencanaan bisnis) sehingga diharapkan siswa mampu mebuat suatu strategi
dalam berwirausaha.
4. Bahan ajar dan daftar referensi
Bahan
kajian
Bahan
kajian yang digunakan dalam materi ini adalah
a.
Teori tentang kewirausahaan
b.
Teori tentang ide
c.
Teori tentang Analisa SWOT
d.
Teori tentang merek
Daftar referensi
Hamaizar Z. 2008. Menggali Potensi Wirausaha. CV. Dian
Anugerah Prakasa.
Hendro. 2010. Kewirausahaan.
Jakarta: Erlangga
Justin G.L, Carlos W. Moore; dan J. William Petty, 2001,
Kewirausahaan: Manajemen Usaha Kecil, Buku 1, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Kasali, Rhenald. 2010. Modul Kewirausahaan untuk
Program Strata 1. Hikmah Indonesia
Nasution, Arman Hakim., dkk. 2011. Entrepreneurship, Membangun Spirit
Teknopreneurship. Yogyakarta: Andi Publisher. Indonesia.
5. Metode pembelajaran
a. Metode pembelajaran dan alokasi waktu
Metode
pembelajartan yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah pembelajaran, kuliah,
tugas.
b. Pengalaman belajar mahasiswa
Pengalaman
belajar mahasiswa untuk mata kuiah ini akan berfokus pada diskusi dan praktek
kewirausahaan
c. Kriteria dan penilaian
penilaian
terhadap kinerja mahasiswa akan dinilai dari pada keaktifan selama kuliah dan
praktek
Penilaian pada
mata kuliah ini meliputi
No
|
Komponene penilaian
|
Bobot
|
1
|
Penilaian hasil
|
|
|
a.
UTS
|
30
|
|
b.
UAS
|
30
|
2
|
Penilaian
proses
|
|
|
a.
dimensi intrapersonal skill
|
15
|
|
b.
Atribut Intrapersonal skill
|
15
|
|
c.
Sikap dan tata nilai
|
10
|
|
total
|
100
|
6. Norma akademik
a.
Kehadiran mahasiswa minimal 75% jika kurang dari itu maka
mahasiswa tidak diizinkan UAS
b.
Kegiatan perkuliahan sesuai jadwal dan apabila ada
perubahan akan ditetapkan bersama dosen dan mahsiswa
c.
Selama perkuliahan tidak diperkenanakan mengobrol, tidur
dan keluar kelas
d.
Mahasiswa yang tidka bisa hadir karena sakit harus ada
keterangan dari penjaga asrama
e.
Berpakaian rapi
f.
Tidak boleh curang dalam ujian
7. Rancangan tugas mahasiswa
Rancangan tugas
mahasiswa terdiri atas tugas kelompok, tugas akan berfokus pada praktek
berwirausaha